Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Blog / Biar bisa menikmati jazz dengan asyik, 7 tips ini perlu kamu lakukan
tips-jazz

Biar bisa menikmati jazz dengan asyik, 7 tips ini perlu kamu lakukan

Kamu pasti tahu Lady Gaga, bintang penyanyi pop dunia, Beyonce, penyanyi RnB papan atas yang namanya tak asing. Dan begitu juga dengan beberapa band top macam Good Charlotte, Linkin Park dan Snow Patrol sangat mudah dikenali. Bagaimana dengan genre jazz? Masih banyak yang bilang jazz itu rumit dan sebagainya.

Musik dengan genre jazz akan memberikan suatu pengalaman berbeda dalam warna musik kamu. Tapi bagaimana cara menikmati musik jazz agar bisa menikmati dan menyelami keindahan musiknya? Berikut adalah cara untuk menikmati jazz bagi pemula yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

1. Pelajari sejarah jazz

Buat kamu yang ingin menikmati musik jazz, pertama yang harus kamu tahu adalah sejarah jazz yang kaya. Mengetahui sejarah jazz akan membantu kamu menikmati jazz, dan tentunya kamu akan menghargai jazz lebih dari sekadar musik semata. Hal tersebut akan membawamu mengenal banyak musisi grup jazz seperti Scott Joplin, Vess Ossman, Jelly Roll Morton, The Serigala, Louis Armstrong, Theolonious Monk, Max Roach, Miles Davis, Chet Baker, hingga Herbie Hancock, Tim Berne dan Chaka Khan.

2. Bikin kesan buat diri sendiri

Kamu tertarik dengan musik jazz bukan karena menjadi seorang penikmat musik jazz agar dianggap keren semata, satu-satunya cara agar kamu menikmati jazz yaitu dengan mendengarkannya untuk dirimu sendiri. Memilih untuk mendengarkan musik jazz untuk kesenangan diri sendiri adalah satu-satunya cara yang kamu dapat lakukan untuk menghargai genre musik jazz yang kaya.

3. Memahami genre musik jazz

Kamu setidaknya harus belajar untuk mengetahui sejauh mana musik jazz dimainkan, seperti banyak genre, jazz mengikuti pola tertentu. Alasan mengapa sebagian besar lagu-lagu jazz yang lebih panjang daripada lagu pop standar, yaitu untuk memberikan ruang improvisasi kreatif. Improvisasi adalah apa yang membuat jazz benar-benar menyenangkan. Melodi memang penting, tetapi kamu harus hati-hati untuk berimprovisasi dalam menikmatinya.

4. Mengenal instrumen

Instrumen jazz banyak sekali, kamu bisa mengetahuinya sedikit demi sedikit. Dominan umumnya pada posisi terompet atau saksofon, sementara irama biasanya termasuk piano, bass drum. Beberapa instrumen lain yang biasanya digunakan dalam jazz termasuk flute, trombone, double bass, tuba, dan banjo.

5. Fokus pada satu jenis jazz

Jenis jazz sangat banyak sekali, lebih dari puluhan jenis musik jazz. Kamu harus mencoba untuk fokus terlebih dahulu pada satu artis tertentu, sebut saja John Coltrane dan nikmati lagu-lagunya. Meskipun butuh waktu beberapa lama untuk mendalami dan menikmati jazz tersebut, hal itu akan membantumu sebelum menikmati jenis jazz yang lain. Perlu kamu tahu, musik jazz mencakup banyak jenis dan era.

6. Menonton jazz secara langsung

Meskipun kamu sering mendengarkan musik jazz di rumah, kos atau kantor, ada baiknya jika kamu meluangkan waktu menonton langsung konser jazz. Sebab, hal itu akan memberi pengalaman berbeda dalam menikmati musik jazz, apalagi di Indonesia kamu begitu mudah menemukan festival jazz yang tersebar dari daerah hingga kota besar.

7. Ngobrol dengan sesama pecinta jazz

Keuntungan menonton konser jazz secara langsung yaitu membantu kamu berinteraksi dengan penikmat jazz lainnya. Berbicara mengenai musik jazz dengan mereka, berbagi info dan update lagu serta bintang jazz misalnya. Terlebih lagi jika kamu punya kesempatan ngobrol dengan bintang jazz secara langsung akan membantumu memahami tentang jazz dan memperbanyak info jazz bagi dirimu sendiri.

Sumber : brilio.net

Check Also

aryo-wahab

Aryo Wahab: Bermusik Itu Wujud Dari Sikap

Aryo Wahab mengawali karir profesional di dunia musik sejak tahun 1998 dalam grup band State ...